Gatal – apa yang harus dilakukan?

produk pemutih badan

Gatal – apa yang harus dilakukan?

Rasa gatal (pruritus) adalah sensasi kulit, yang satu bereaksi dengan goresan atau gosok. Penyebab yang bisa di balik gatal yang tidak sedap itu bermacam-macam: gatal bisa disebabkan antara lain oleh kulit kering, reaksi alergi serta penyakit kulit atau organ dalam. Untuk penyakit tertentu gatal terjadi di seluruh tubuh. Namun, itu juga bisa dibatasi secara lokal untuk situs tubuh tertentu seperti kulit kepala atau area intim. Baca di sini apa yang dapat Anda lakukan terhadap rasa gatal yang tidak enak.

Gatal – Beberapa penyebab
Rasa gatal sering disebabkan oleh kulit yang terlalu kering atau oleh penyakit kulit seperti jelatang, psoriasis atau neurodermatitis. Jika penyakit kulit adalah penyebabnya, selain itu gatal biasanya juga terjadi perubahan pada kulit. Selain itu, hipersensitivitas terhadap makanan tertentu, obat-obatan dan gigitan serangga bisa memicu gatal.
Dalam kasus yang jarang terjadi, gatal mungkin merupakan gejala penyakit dalam – misalnya, mungkin karena diabetes, gangguan hati atau ginjal, dan leukemia. Pada penyakit seperti itu gatal terjadi tanpa perubahan kulit. Ini, bagaimanapun, juga terjadi pada gatal idiopatik yang disebut, yang tidak memiliki alasan yang dapat dikenali. Seringkali, kemudian, masalah psikologis berada di belakang gejala.

Kulit kering sebagai penyebabnya
Kulit kering terasa tidak hanya kasar dan tegang, tapi juga bisa gatal. Kemungkinan penyebabnya adalah faktor eksternal seperti udara kamar kering atau kebersihan yang berlebihan. Misalnya, produk perawatan tertentu bisa mengeringkan kulit. Namun, kemungkinan penyebab internal seperti masalah dengan kontrol lemak dan kelembaban menyebabkan kulit kering.
Jika Anda memiliki kulit kering, Anda harus menghindari penggunaan produk perawatan wangi saat mencuci dan mandi, dan sebaliknya menggunakan produk asam-netral. Selain itu, kremkan kulit secara teratur. Yang paling cocok adalah mengoles lotion. Pastikan untuk mengambil cukup cairan.
Karena juga memungkinkan untuk menyembunyikan penyakit serius di balik kulit kering dan gatal, Anda harus mencari pertolongan medis jika tindakan ini tidak berhasil.
Ruam kulit dan gatal
Jika gatal terjadi bersamaan dengan ruam pada kulit, sering terjadi bahwa penyakit kulit seperti nutrisi, psoriasis atau neurodermatitis ada di balik gejala. Sementara cambuk gatal dibentuk dalam kasus jelatang, kulit yang memerah yang ditemukan di plak, lapisan kulit paling atas yang berkulit putih. Ciri khas neurodermatitis adalah ruam kulit merah yang terasa kasar dan bersisik.
Selain ketiga penyakit kulit ini, infeksi kulit serta yang disebut nodal lumut juga bisa dikaitkan dengan ruam dan gatal kulit. Dalam kasus yang terakhir, nodul biru-merah terbentuk yang sekitar pin-lengket dan sangat gatal. Gejalanya sangat sering terjadi pada pergelangan tangan dan juga di kaki bagian bawah. Penderitaan anak-anak dengan ruam dan gatal pada kulit, penyakit masa kanak-kanak khas seperti cacar air juga bisa menjadi penyebabnya.
Kudis sebagai penyebabnya
Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Krätzmilben lebih menyukai daerah antara jari tangan dan kaki, serta ketiak dan area genital. Di sana, mereka menggali lapisan kulit horny atas dan dengan demikian memiliki tempat persembunyian yang relatif aman dimana mereka bahkan bisa bertahan mandi penuh.
Dalam kasus kudis, ruam kulit merah dan nodular terjadi di samping gatal yang parah. Kaca pembesar sering digunakan untuk mengidentifikasi pembuluh darah yang telah digali tungau ke dalam kulit. Penyakit ini biasanya bisa diobati dengan baik dengan anti tungau, yang dioleskan ke kulit secara eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *