Lery sebagai pemicu

cara memutihkan kulit secara alami dan cepat

Lery sebagai pemicu

Reaksi alergi tubuh sering dikaitkan dengan gatal. Dalam alergi, sistem kekebalan tubuh bereaksi sangat baik terhadap zat berbahaya dan menyebabkan jumlah yang lebih besar dari histamin messenger dilepaskan ke dalam tubuh. Hal ini kemudian memastikan bahwa, misalnya, dalam kasus demam, gatal mata dan hidung.
Selain demam, gatal juga bisa dipicu oleh alergi jenis lain, termasuk alergi kontak. Jika keluhan hanya terjadi secara lokal pada bagian tubuh tertentu, Anda harus memeriksa apakah sepotong pakaian tertentu – seperti pantyhose atau jam tangan – bisa menjadi pemicu.

Selain itu, rasa gatal juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap makanan atau obat tertentu. Jika Anda menderita gatal, yang mana tidak ada penyebab yang jelas, Anda harus selalu menganggap bahwa alergi bisa menjadi penyebabnya dan melakukan tes alergi.

Gatal saat hamil

Rasa gatal adalah gejala yang sering terjadi saat hamil. Sekitar 20 persen dari semua wanita hamil terpengaruh. Diasumsikan bahwa dalam kebanyakan kasus perubahan hormonal dalam tubuh adalah pemicunya. Seringkali, gejalanya bisa diatasi dengan pelembab biasa dengan lotion.
Namun, gatal yang parah, yang terjadi pada sepertiga kehamilan terakhir, dapat mengindikasikan penyakit hati – yang disebut scholestasis kehamilan intrahepatik. Di Jerman, kurang dari satu persen dari semua wanita hamil terkena penyakit ini, meskipun harus dikecualikan dalam kasus gatal parah. Untuk penyakit hati bisa menyebabkan kelahiran prematur sekaligus juga melahirkan.

Apa yang harus dilakukan terhadap gatal yang mengganggu?

Jika gatal terjadi bersamaan dengan ruam kulit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit dan jelaskan penyebabnya. Jika perlu, dokter juga bisa meresepkan obat-obatan yang sesuai. Misalnya, salep yang mengandung kortison bisa membantu meringankan rasa gatal.

Untuk gatal tanpa ruam kulit, sebaiknya periksa dulu dulu apakah kulit Anda terlalu kering. Jika ini tidak terjadi, atau bahkan jika gejalanya tidak sama meski perawatan kulitnya hati-hati, dokter harus memeriksa apakah ada penyakit. Jika hal ini terjadi, pengobatan tergantung pada masing-masing penyakit dasar.

Jika gatal idiopatik, obat gatal bisa membantu penyembuhannya. Anestesi lokal diterapkan secara eksternal, yang menghambat konduksi stimulus antara sel saraf. Demikian juga, isoprenalin – zat aktif dari kelompok betamimetik – serta salep dan gelang pendinginan dengan mentol atau kamper dapat membantu meringankan rasa gatal. Jika Anda ragu, bicarakan dengan dokter sebelum menerapkan pengobatan ini.

Jika gatal-gatal menyebar ke seluruh tubuh, asupan penghambat reseptor H1, yang menghambat aksi histamin dalam tubuh, bisa memberi kelegaan. Demikian pula, pada banyak pasien, terapi dengan sinar UVB terbukti sangat membantu. Hal ini sangat penting bahwa Anda tidak menggaruk tempat gatal bahkan jika rasa gatal parah. Karena goresan tidak hanya bisa menyebabkan tanda goresan sedap dipandang pada kulit, namun infeksi juga bisa terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *